You are here
Home > SERVICE TIPS > Motormu Mau Irit Bahan Bakar? Rawat bagian-bagian ini!

Motormu Mau Irit Bahan Bakar? Rawat bagian-bagian ini!

Kenaikan harga bahan bakar minyak tentu memengaruhi pengaturan keuangan masyarakat. Selain itu, para pengguna kendaraan pun pasti berusaha menyiasati agar konsumsi bahan bakar kendaraannya termasuk sepeda motor supaya lebih sedikit atau lebih irit.

Selain mengaplikasikan gaya berkendara yang baik, ada beberapa komponen sepeda motor yang perlu dirawat supaya konsumsi bahan bakar sepeda motor jadi lebih irit, diantaranya :

  1. Busi

Merawat dan menjaga kondisi busi agar tetap baik dan optimal sama dengan menjaga proses pembakaran di ruang bakar tetap sempurna.

Jika pembakaran selalu dalam kondisi sempurna, tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara akan tetap optimal. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Ketika busi tak terawat, membuat kinerjanya menurun. Salah satu penyebabnya bisa diakibatkan oleh penumpukan kotoran sisa pembakaran di ujung elektroda, Sehingga api yang dihasilkan busi tidak besar menjadikan pembakaran kurang sempurna dan membuat output tenaga mesin tidak optimal.

  1. Filter Fuel Pump

Membersihkan dan mengganti filter fuel pump secara rutin akan membuat proses aliran bahan bakar ke ruang bakar tetap sempurna sesuai dengan kebutuhan kerja mesin. Asupan bahan bakar yang sesuai akan membuat kinerja mesin tetap optimal.

Tapi jika filter fuel pump tak terawat, kotoran yang nemempel pada filter akan menghambat aliran bahan bakar ke ruang bakar sehingga proses pembakaran akan terganggu. Jika demikian, tenaga yang dihasilkan mesin akan berkurang.

  1. Injektor

Kondisi injektor akan selalu terjaga jika pemilik sepeda motor rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan sepeda motornya ke bengkel resmi Honda.

Injektor yang selalu dalam kondisi baik, membuat proses pengkabutan bahan bakar di ruang tetap sempurna sehingga tak ada bahan bakar yang terbuat sia-sia.

  1. Filter Udara

Sama seperti filter fuel pump. Jika filter udara selalu dalam kondisi bersih dan baik akan membuat aliran udara segar ke ruang bakar akan optimal, sehingga proses pembakaran tetap sempurna.

Sementara jika filter udara kotor akan menghambat aliran udara ke ruang bakar. Kurangnya asupan udara di ruang bakar akan mengganggu proses pembakaran. Selain membuat mesin jadi tak bertenaga, jika kondisi tersebut berlangsung dalam waktu lama bisa mempercepat kerusakan komponen mesin.

  1. Rantai/CVT

Merawat dan menjaga kondisi rantai/cvt akan membuat usia pakainya jadi lebih lama. Selain itu, proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang akan selalu optimal.

Sementara kondisi rantai/cvt yang tak terjaga kondisinya, bisa menghambat proses transfer tenaga ke roda belakang. Akibatnya performa mesin akan menurun.

Selain membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros, kondisi rantai/cvt yang tak terawat bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

  1. Ban

Selain sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara, kondisi ban juga bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar. Hal itu bisa diakibatkan oleh daya cengram ke aspal tak sempurna atau akibat bobot berlebih karena menggunakan ukuran ban tak sesuai anjuran pabrikan.

Kondisi ban yang tak terawat bisa mengakibatkan tekanan angin berkurang, daya cengkram ke permukaan jalan lebih rendah, ban mudah slip. Akibatnya, penggunaan tenaga yang tersalur ke roda belakang jadi tak optimal.

Keenam komponen tersebut merupakan bagian paling memberi pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor.

Untuk menjaga komponen sepeda motor tetap dalam kondisi terbaik, maka perlu dilakukan perawatan berkala sesuai buku petunjuk panduan pemilik sepeda motor. Bawalah sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat agar performa sepeda motor terjaga dan sehingga konsumsi bahan bakar tetap irit.

Leave a Reply

Top