You are here
Home > BERITA > Ban Juga Butuh Perhatian

Ban Juga Butuh Perhatian

Ban merupakan komponen sangat penting pada sepeda motor namun kadang sering terabaikan. Padahal ban juga butuh perhatian agar kondisinya tetap prima dan kinerjanya tetap optimal.  

Fungsi utama ban adalah sebagai penopang berat sepeda motor dan pengendara serta menyerap guncangan dari permukaan jalan sebelum diserap lagi oleh suspensi. Tujuannya, agar berkendara terasa lebih nyaman. Fungsi lainnya, meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan, serta menjadi pengontrol arah kendaraan.  

Selain memperhatikan kondisi visual ban, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah tekanan udara atau sering disebut tekanan angin. Jika tekanan anginnya kurang atau berlebih, akan memengaruhi performa motor secara keseluruhan. 

Seiring waktu tekanan angin pada ban pasti berkurang, perubahan suhu dan bahkan bisa terjadi jika motor tidak digunakan dalam waktu lama. 

Semua fungsi tersebut tidak akan optimal jika tekanan ban tidak sesuai dengan standar. Sebagai contoh, jika tekanan ban terlalu tinggi dapat menurunkan daya cengkram ban ke jalan (luas bidang ban yang bersentuhan ke jalan lebih kecil), keausan ban tidak rata. Pada bagian tengah habis sebelum waktunya, Menurunkan daya serap guncangan dari permukaan jalan (menurunkan tingkat kenyamanan dan keamanan berkendara). Jika ban sudah masuk usia pakai, akan mempercepat keretakan / pecah-pecah. Jika tekanan ban terlalu kecil, akibatnya Menurunkan handling sepeda motor / menurunkan kemampuan mengendalikan/stabilitas kemudi saat bermanuver, Luas bidang ban yang bersentuhan ke jalan lebih banyak sehingga menurunkan kemudahan ban untuk menggelinding (terasa berat saat akselerasi), Potensi pelek motor menerima benturan dari permukaan jalan lebih besar, dalam kondisi extreme pelek motor dapat berubah bentuk jika menerima benturan berlebih dari jalan 

Picture1

Tekanan angin ban sesuai standar akan membuat ban lebih awet dan sepeda motor akan terasa nyaman digunakan. Karena itu, lakukan pemeriksaan dan penyetelan tekanan ban secara rutin sesuai standar. 

Untuk mengetahui standar tekanan angin yang dianjurkan, pengendara bisa melihat di stiker yang tertempel pada sepeda motor. Gantilah ban sepeda motor jika kondisinya sudah mulai aus. 

Leave a Reply

Top
%d bloggers like this: